Kelenjar Lambung adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Kelenjar Lambung. Kelenjar lambung adalah salah satu kelenjar pencernaan yang terdapat di dalam lambung sehingga di sebut kelenjar lambung. Kelenjar lambung menghasilkan banyak zat penting bagi sistem metabolisme tubuh, mulai dari hormon, enzim ataupun asam yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. Kelenjar lambung menghasilkan enzim-enzim pencernaan yang berfungsi untuk merubah zat makanan sesuai dengan fungsinya. Setidaknya ada 2 jenis enzim, hormon satu jenis asam yang di hasilkan oleh kelenjar lambung, yaitu:
Enzim Pencernaan yang di hasilkan oleh kelenjar lambung
  • Enzim pepsin. Enzim pepsin adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah protein menjadi pepton. Enzim pepsin yang dikeluarkan oleh kelenjar lambung merupakan hasil konversi dari pepsinogen yang diaktifkan oleh asam lambung.
  • Enzim rennin. Enzim renin adalah enzim pencernaan yang terdapat di lambung yang berfungsi untuk mengubah kaseinogen menjadi kasein.
Baca juga:
Asam yang di hasilkan oleh kelenjar lambung
  • Asam lambung atau asam klorida (HCL) adalah asam yang di hasilkan oleh kelenjar lambung. Asam lambung membantu mengaktifkan pepsinogen menjadi enzim pepsin yang berfungsi untuk mengubah proatein menjadi pepton.  Sekresi atau pengeluaran asam lambung dipengaruhi oleh refleks yang timbul ketika ada makanan yang masuk ke dalam lambung, serta dipengaruhi oleh hormon gastrin yang dikeluarkan oleh dinding lambung. Produksi asam lambung yang berlebih dapat membuat radang pada dinding lambung.
Hormon yang di hasilkan kelenjar lambung
  • Hormon gastrin adalah hormon yang diproduksi oleh sel G di lambung yang berfungsi untuk merangsang sekresi asam almbung