Karbohidrat adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Karbohidrat. Karbohidrat adalah senyawa organik yang terbentuk dari 3 unsur yaitu Karbon(C), Oksigen (O) dan Hidrogen (H). Unsur-unsur membentuk karbohidrat dengan rumus tertentu tergantung pada jenis karbohidratnya. Karbohidrat identik dengan gula. Karena itu molekul karbohidrat sering juga di sebut molekul gula. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi sebagian besar makhluk hidup. Walaupun kalori yang di hasilkan sangat kecil bila di bandingkan dengan kalori yang di hasilkan protein ataupun lemak, tetapi karena mudah di temukan dan harganya sangat murah, maka karbohidrat menjadi sumber energi yang paling populer. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga mempunyai peranan penting dalam menentukan karakteristik bahan pangan.

Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat disebut juga hidrat arang. Karbohidrat sebagai sumber energi utama di bentuk oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis. Dalam tubuh manusia atau hewan, karbohidrat terbentuk melalui reaksi yang terjadi dari beberapa asam amino dan gliserol lemak. Karbohidrat sebagian besar di jumpai pada produk nabati seperti serealia, umbi-umbian, dll. Makanan yang paling banyak mengandung karbohidrat adalah nasi, singkong, roti, mie, dll.

Baca juga:
Pada umumnya, Karbohidrat dikelompokan menjadi beberapa jenis. Macam-macam karbohidrat tersebut adalah:

1. Monosakarida atau gula sederhana, yaitu karbohidrat yang paling sederhana sehingga tidak dapat di hidrolisis menjadi karbohidrat jenis lain. Karbohidrat yang termasuk dalam golongan Monosakarida, antara lain adalah:
  • Glukosa
  • Fruktosa
  • Galaktosa,dll
2. Oligosakarida, yaitu karbohidrat yang terbentuk dari 2-10 monosakarida saling berikatan. Ikatan yang terjadi antar molekul monosakarida di sebut ikatan glikosida. Oligosakarida dapat dihidrolisis menjadi beberapa molekul monosakarida tergantung pada banyak molekul yang menjadi pembentuknya. Oligosakarida banyak macamnya dan dikelompokan berdasarkan banyaknya molekul monosakarida yang menjadi pembentuknya. Contohnya:
  • Oligosakarida yang terdiri dari 2 monosakarida di sebut disakarida. Contohnya: sukrosa, maltosa, laktosa
  • Oligosakarida yang terdiri dari 3 monosakarida disebut triosa. Contohnya: rafinosa, maltotriosa, dan begitu seterusnya.
3. Polisakarida, yaitu karbohidrat yang terbentuk lebih dari 10 molekul monosakarida. Contohnya:
  • Amilum
  • Amilosa
  • Glikogen