Kembang – Perkembangan adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Perkembangan. Perkembangan adalah sebuah kata berimbuhan yang berasal dari kata dasar kembang. Kembang dalam KBBI didefinisikan sebagai bunga atau mekar dan mengembang tergantung dari objek pembicaraan. Sedangkan perkembangan mempunyai definisi yang lain dan hanya memiliki sedikit kemiripan dangan kata dasarnya. Definisi perkembangan adalah suatu proses perubahan yang berlangsung secara teratur dan terus menerus baik dalam bentuk jumlah, ukuran, volume maupun perubahan yang disebabkan oleh unsur-unsur baru yang belum diketahui. Perkembangan memiliki sifat kualitatif. Perkembangan biasanya di dahului oleh pertumbuhan.

Definisi Perkembangan

Dari definisi perkembangan diatas dapat dilihat kemiripan yang ada antara pertumbuhan dan perkembangan. Meski secara sekilas terlihat hampir sama kecuali dalam hal sifat, tetapi sebenarnya pertumbuhan dan perkembangan memiliki pengertian yang berbeda. Seperti halnya pertumbuhan, perkembangan juga bisa di gunakan oleh benda mati dan benda hidup, semua tergantung konteks pembicaraan. Contohnya Perkembangan ekonomi dan perkembangan makhluk hidup.

Perkembangan ekonomi yaitu perubahan yang berlangsung di bidang ekonomi yang terjadi secara teratur dan bersifat kualitatif. Perekonomian suatu daerah dapat tumbuh, tapi jika tidak berkembang maka daya jangkauannya akan sempit. Perkembangan ekonomi berarti perluasan kesempatan dan pendapatan.

Perkembangan makhluk hidup adalah proses pendewasaan diri untuk mencapai kehidupan yang berkualitas. Kehidupan yang berkualitas misalnya adalah memili daya pikir yang lebih baik dan sempurna. Perkembangan pada makhluk hidup dapat berupa perkembangan fisik, perkembangan emosi dan perkembangan psikososial.

Perkembangan selalu mengikuti proses pertumbuhan. Jika tidak ada pertumbuhan maka tidak mungkin terjadi perkembangan. Karena itu kata tumbuh dan berkembang seringkali digunakan secara bersamaan dan tidak terpisah.