Cara Merawat Mesin Cuci agar tidak mudah Rusak

Cara merawat mesin suci agar tidak mudah rusak. Mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci sangat membantu meingankan pekerjaan rumah tangga kita. Selain karena tidak perlu menguras tenaga, tapi juga kebersihan barang-barang yang dicuci lebih terjamin dan terjaga. Pada prinsipnya proses pencucian pakaian pada mesin cuci terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Mencuci yaitu melepaskan kotoran yang menempel pada pakaian yang telah diluluhkan dalam rendaman air sabun (washing), membilas cucian dari bahan sabun yang tersisa
  • Memeras air bilasan
  • Mengeringkan pakaian (drying)

Biasanya bagian pengeringan hanya terdapat di mesin cuci fully automatic yang dilengkapi heating element. Kebanyakan mesin cuci yang digunakan dirumah tangga Indonesia hanya dapat melakukan 2 bagian, yaitu mencuci dan bilas, memeras dan mengeringkan. Mesin cuci tipe ini dikenal dengan istilah twin tube atau dua tabung. Pada jenis mesin cuci ini, kinerja mencuci dan memeras dilakukan pada tabung yang terpisah. Meski mempunyai dua tabung, kisaran harga belinya cukup terjangkau daripada mesin cuci semi automatis front load ataupun top load yang biasanya menggunakan satu tabung.

Kerusakan yang terjadi pada mesin cuci biasanya disebabkan oleh tiga hal, yaitu masa pakai mesin cuci, kesalahan pengoperasian dan perawatan yang tidak benar. Ketiga penyebab kerusakan diatas yang bisa di cegah adalah bagian ketiga, yaitu perawatan yang tidak benar. Karena dengan merawat mesin cuci dengan benar, mesin cuci diharapkan tidak mudah rusak dan memiliki usia pakai yang lebih lama.

Cara merawat mesin cuci yang benar

1. Letakan mesin cuci ditempat yang terhindar dari panas dan hujan dan dari jangkauan anak-anak
2. Jauhkan mesin cuci dari tempat yang basah, lembab, panas kompor, serta bahan-bahan kimia yang korosif,
3. Letakan mesin cuci di lantai yang datar dan kokoh agar tidak terjadi guncangan saat di operasikan
4. Letakan mesin cuci ditempat yang berdekatan dengan saluran air agar lebih mudah saat mengisi dan membuang limbah cairan
5. Letakan stop kontak pada posisi yang lebih tinggi dari mesin cuci untuk menghindari percikan air yang bisa mengakibatkan konseleting.
6. Jangan menyemprotkan air ke bagian kontrol panel karena dapat menyebabkan konsleting pada panel elektrik
7. Jangan membuka /tutup atau memasukan sesuatu ketika mesin cuci sedang beroperasi
8. Operasikan mesin cuci sesuai dengan petunjuk pemakaian
9. Gunakan detergent dan air yang berkualitas baik dan tepat takaran
10. Banyaknya pakaian yang akan dicuci jangan melebihi kapasitas mesin cuci
11. Bersihkan alat penyaringan secara teratur dari kotoran yang mengendap disana
12. Bersihkan bagian-bagian yang selalu di aliri air agar tetap bersih dan tidak berlumut
13. Bersihkan permukaan mesin cuci dari debu, keringkan jika basah agar tidak berkarat dan korosif
14. Cabut kabel mesin cuci dari stop kontak jika mesin cuci tidak di operasikan

Cara merawat mesin cuci diatas bukan hanya untuk menjaga mesin cuci dari kerusakan tetapi juga agar terhindar dari bahaya-bahaya yang tidak terduga saat mengoperasikannya.