Albedo adalah | Pengertian dan Definisi


Pengertian dan definisi Albedo. Albedo adalah besaran yang digunakan untuk mengukur perbandingan antara intensitas sinar Matahari yang sampai ke permukaan planet dengan yang dipantulkan kembali ke angkasa. Setiap planet dan anggota tata surya memiliki albedo yang tidak sama. Contohnya: Merkurius memiliki nilai albedai 0, 119, Bulan memiliki albedo 0,113, sedangkan Bumi memiliki albedo 0,367. Artinya bumi lebih banyak menyerap sinar matahari dari pada bulan. Albedo berasal dari bahasa latin yang artinya putih.


Albedo berhubungan erat dengan suhu dan temperatur udara. Semakin besar nilai albedo, maka semakin tinggi suhu dan temperatur udara di daerah tersebut. Besar dan kecilnya nilai albedo tergantung pada beberapa faktor. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi albedo.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Albedo

1. Bentuk permukaan bumi, yang meliputi:
  • Permukaan bumi yang padat memiliki nilai albedo yang lebih besar daripada permukaan bumi yang lunak atau lembut,
  • Tanah bervegetasi memiliki nilai albedo yang lebih rendah daripada tanah yang gundul dan gersang,
  • Daerah bergunung-gunung memiliki nilai albedo yang lebih rendah daripada daerah yang datar,
  • Permukaan yang licin memiliki nilai albedo yang lebih besar dari permukaan yang kasar.
2. Warna Permukaan, permukaan yang berwarna cerah memiliki nilai albedo labih besar dari pada permukaan yang berwarna gelap. 
 
3. Posisi permukaan bumi, daerah khatulistiwa lebih banyak menerima sinar matahari dari pada daerah lintang tinggi, 
 
4. Efek rumah kaca akan meningkatkan nilai albedo suatu daerah sehingga timbul pemanasan global
Konsep albedo banyak di gunakan dalam bidang astronomi dan klimatologi. Dalam klimatologi, albedo berhubungan dengan suhu dan temperatur udara serta aspel-aspek iklim lainnya. Sedangkan dalam astronomi, albedo dapat di gunakan untuk mengukur memprediksi bentuk permukaan planet dan temperaturnya.