Gear adalah | Pengertian dan Definisi Roda Gigi

Pengertian dan Definisi Gear. Gear adalah sebutan untuk roda gigi yang bekerja pada suatu mesin yang fungsinya adalah untuk mentransmisikan daya. Gear merupakan bagian mesin yang bentuk sederhananya bergerigi, dapat berputar dan biasanya terhubung dengan gear lain untuk mengirimkan torsi. Dua buah gear atau lebih yang bekerja bersama-sama akan menghasilkan tenaga mekanis melalui perputarannya merupakan definisi sederhana dari mesin. Dengan begitu dapat di simpulkan bahwa sebuah mesin pasti memiliki bagian yang di sebut gear.

gear1 Gear telah ada sejak zaman Archimedes yaitu sekitar abad 3 SM. Mekanisme Antikythera adalah contoh dari perangkat rumit pertama yang menggunakan gear yang dirancang untuk menghitung posisi astronomi. Referensi tentang gear juga di temukan sekitar abad 50 AD berasal dari Alexandria yang jika di telusuri akan kembali ke masa Archimedes. Dalam perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, gear merupakan benda yang tidak bisa di pisahkan dari perkembangan zaman. Karena gear adalah bagian penting dari sebuah mesin. Dan kemajuan teknologi artinya semakin banyak mesin yang diciptakan baik untuk hiburan ataupun untuk meringankan kerja manusia sehari-hari. Contoh penggunaan gear yang paling sederhana dapat di lihat pada mekanisme kerja jam tangan atau jam dinding. Antara jarum panjang, jarum pendek dan jarum kurus kinerjanya begitu sikron adalah karena adanya gear yang mengatur perputaran jarum jam sehingga menjadi konstan dan teratur. Tidak saling mendahului dan berjalan sesuai dengan yang di harapkan. Bahkan penemuan spektakuler Davinci yang terkenal dalam film Davinci Code, juga menggunakan gear untuk menyetarakan kode-kode yang di kehendaki. Intinya Gear tidak dapat di pisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Di sadari atau tidak, semua mesin yang kita gunakan sehari-hari memiliki bagian yang di sebut gear.

Gear banyak sekali tipe nya, tergantung pada rancanan mesin yang akan menggunakan. Namun secara umum, gear di bagi menjadi 2, yang masing-masing memiliki jenis-jenisnya sendiri. Diantaranya yaitu:

1. Gear luar (gear eksternal)

Gear luar adalah gear yang bagian bergeriginya terletak di bagian luar silinder. Dapat di sekeliling piringan silinder atau di bagian atas piringanmsesuai dengan kbutuhan. Contoh gear luar antara lain adalah:

  • Gear spur
  • Gear helix
  • Gear doble helix
  • Gear bevel
  • Gear cacing
  • Gear Mahkota
  • Gear hipoid
  • Gear episiklik
  • Gear Pinion
  • Gear non-sirkular
  • Gear spiral bevel
  • Gear magnetik
  • Gear sangkar
  • Gear matahari dan planet, dll


2. Gear dalam (gear internal)

gear dalam Gear internal yaitu sebuah gear yang geriginya terletak di bagian dalam piringan. Jadi bentuknya seperti tutup botol yang bergerigi. Gear dalam selalu terhubung dengan sebuah gear luar secara pararel sehingga tidak dapat mengubah arah putara. Fungsi gear dalam adalah untuk melanjutkan/mentransfer putaran dari alat yang terhubung oleh gear dalam dan alat yang terhubung dengan gear luar.

Pada sebuah mesin, terutama mesin diesel, kita seringkali mendengar istilah RPM (Rotasi per minute). RPM adalah salah satu istilah yang berhubunga dengan gear yaitu berpa kemampuan putaran satu gear dalam 1 menit. Semakin banyak jumlah putara permenit makan semakin tinggi RPMnya. Setidaknya ada 5 istilah penting tentang gear yang harus kita ketahui, yaitu:

  • RPM atau jumlah putara permenit
  • Jumlah gigi
  • Aksis (Sumbu)
  • Pitch atau ruang antar gigi
  • Sudut heliks yaitu sudut di bentuk oleh gigi roda. Ada gear yang sudut heliksnya bernilai nol seperti gear spur, ada juga gear yang sudut heliksnya bernilai hampir mendekati 90o seperti gear cacing atau gear bevel.