Anagram adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Anagram. Anagram adalah suatu kata atau kalimat yang di bentuk dengan cara merubah susunan huruf dari kata atau kalimat lain. Anagram sering juga di sebut sebagai permainan kata (Wordplay). Dengan kalimat yang lebih sederhana dapat juga di artikan sebagai seni memutar balik susunan kata untuk membentuk sebuah kata baru. kata anagram site baru yang di hasilkan tidak memiliki ketentuan seperti misalnya harus merupakan kesamaannya atau mempunyai arti yang mengarah ke kata sebelumnya. Tidak sama sekali. Intinya hanya satu, yaitu jenis huruf dan jumlahnya harus sama dengan kata awal. Contoh anagram yang paling terkenal antara lain adalah:

  • I am Lord Voldermort yang di susun ulang dari nama Tom Marvolo Riddle
  • Oh lame saint yang merupakan angram dari the Monalisa
  • Draconian devil yang di susun ulang dari nama Leonardo da Vinci
  • Dog dari kata God
  • Indonesia menjadi sidoniean
  • dan masih banyak yang lain.

Anagram berasal dari bahasa latin anagramma yang artinya huruf baru. Dalam bahasa Yunani anagram di kenal sebagai anagrammatismos yang artinya juga hampir sama, yaitu ana yang artinya baru dan gramm  yang berarti huruf. Dalam novel-novel misteri atau novel-novel yang berlatar belakang konspirasi, anagram sering di gunakan sebagai kode atau kata rahasia yang di sembunyikan untuk di temukan. Hampir semua kata dapat di jadikan anagram. Sayangnya tidak semua memiliki arti kata yang enak di ucapkan dan bermakna.

Bahkan jika anda perduli, nama anda pun bisa di jadikan anagram. Penasaran? Silahkan berkunjung ke www.anagramsite.com. Sebuah situ yang khusus untuk membantu anda merangkai sebuah anagram dari kata atau kalimat yang anda masukan ke dalam kota pencariannya. Tapi tentu saja kata atau kalimat baru yang di hasilkan melalui situs itu kurang memiliki greget jika di bandingkan dengan anagram buatan manusia. Tidak percaya? Coba masukan nama TOM MARVOLO RIDDLE di sana… kira-kira kata apa saja yang di hasilkan? Apakah salah satunya adalah I am Lord Voldermort?