Parasit adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Parasit. Parasit adalah istilah yang digunakan untuk menyebut makhluk hidup yang hidupnya tergantung pada makhluk hidup lainnya. Kata parasit berasal dari bahasa Yunani ‘Parasitos’ yang artinya di samping makanan (para=di samping/di sisi, dan sitos=makanan). Parasit hidup dengan menempel dan menghisap nutrisi dari makhluk hidup yang di tempelinya. Makhluk hidup yang di tempeli oleh parasit di sebut dengan istilah inang. Secara umum, keberadaan parasit pada suatu inang akan merugikan dan menurunkan produktivitas inang. Karena selain menumpang tempat tinggal, parasit juga mendapatkan nutrisi dan sari makanan dari tubuh inang. Hal seperti ini akan menyebabkan tubuh inang mengalami mal nutrisi yang akan mempengaruhi metabolisme tubuhnya.

Pengertian Parasit

Istilah parasit  banyak di temukan dalam bidang biologi. Istilah ini merujuk pada organisme-organisme yang hidup dengan cara menempel dan menghisap nutrisi dari inangnya. Istilah parasit kemudian di adopsi ke dalam bahasa sehari-hari sebagai istilah untuk menyebut segala sesuatu yang memiliki pola hidup seperti parasit. Seperti misalnya, manusia yang hidup dengan menumpang tinggal dan menumpang makan pada orang lain maka akan di sebut parasit. Ataupun orang pemalas yang menggantungkan hidup pada orang lain juga di sebut parasit. Secara bahasa, istilah parasit mempunyai konotasi yang buruk.

Dalam ilmu kesehatan, parasit identik dengan organisme penyebab penyakit. Sebagian besar penyakit yang menyerang manusia di sebabkan oleh parasit yang hidup dan berkembang biak dalam tubuhnya. Contoh parasit yang merugikan kesehatan manusia antara lain adalah:

  • Cacing perut
  • Kutu rambut
  • Parasit penyebab malaria
  • Jamur kulit
  • Virus dan bakteri yang berkembang biak dalam tubuh manusia, dll.

Parasit dapat berupa hewan maupun tumbuhan. Parasit yang berupa tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lainnya di sebut dengan istilah benalu. Untuk mengetahui pengertian dan definisi Benalu, silah nantikan artikel yang akan di posting di Kamus Q berikutnya. Secret telling smile