Getaran adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Getaran. Getaran adalah gerak bolak – bolik yang melalui suatu titik keseimbangan. Gejala getaran banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-sehari.diantaranya seperti Getaran bandul jam dinding, senar gitar yang dipetik, dan pita suara yang bergetar hingga menimbulkan bunyi, merupakan beberapa contoh benda yang melakukan getaran.  Dari contoh tersebut, mulai ada sebuah pertanyaan, selama ini apakah kamu pernah melihat jam dinding yang memakai bandul? Jarum jam tersebut sebenarnya bergerak akibat adanya gerak bolak-balik bandul. Gerakan itulah  yang disebut dengan getaran. Dan sesaat setelah gaya tarik kamu lepaskan, bandul bergerak bolak-balik melalui titik seimbang. Gerak seperti inilah yang disebut sebagai getaran. pengertian getaran

Pengertian Getaran

Jadi yang dimaksud dengan Getaran adalah gerak bolak-balik melalui titik setimbang. Satu getaran didefinisikan sebagai satu kali bergetar penuh. Yaitu dari titik awal kembali ketitik tersebut. Satu getaran adalah ketika benda bergerak dari titik     A-B-C-B-A atau dari titik B-C-B-A-B. Bandul tidak pernah melewati lebih dari titik A atau titik C karena titik tersebut merupakan simpangan terjauh. Simpangan terjauh itu biasanya disebut dengan Amplitudo. dititik A atau titik C benda akan berhenti sesaat sebelum kembali bergerak.   =>  A       B       C    B    A
                   
Getaran sebenarnya merupakan jenis gerak yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik gerak secara alamiah maupun gerak secara buatan manusia. Semua getaran biasanya memiliki ciri-ciri tertentu. Apakah ciri-ciri getaran itu? Akan kami bahas di artikel Ciri-ciri Getaran yang akan datang.

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu kali getaran disebut dengan periode getar yang dilambangkan tengan (T). Banyaknya getaran dalam satu sekon disebut frekuensi (f). Suatu getaran akan bergerak dengan frekuensi alamiah sendiri. Rumus hubungan frekuensi dan periode secara matematis ditulis sebagai berikut:

         I
T = ------
        F

Keterangan:

T = Periode (s)
F = banyaknya getaran per sekon (Hz)


Suatu periode adalah sekon dan satuan frekuensi adalah getaran per sekon atau disebut juga dengan hertz (Hz), untuk menghormati seorang Fisikawan Jerman yang berjasa dibidang gelombang, yaitu Hendich Rudolf Hertz. Jadi satu Hertz sama dengan satu getaran per sekon.