Stroke adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Stroke. Stroke berasal dari bahasa Igris yang artinya pukulan. Namun dalam dunia medis, istilah stroke diartikan sebagai suatu keadaan yang mendadak dan telak. Secara definisi,  Stroke adalah suatu kondisi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau terhenti sesaat dan seketika.

Darah merupakan komponen penting yang menunjang kinerja otak. Terhentikan pasokan darah ke otak menyebabkan otak tidak mendapat asupan oksigen dan nutrisi yang menyebabkan sebagian sel-sel otak mati. Matinya sel otak menyebabkan organ tubuh yang di kendalikan oleh sel-sel yang terdampak tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik.

Stroke ada 2 macam, yaitu: 
  1. Stroke Iskemik (Ischemic stroke)
    Stroke  yang terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah dari dan menuju ke otak. 80% dari kasus Stroke, pemicunya adalah Iskemik. Yang penyebab utamanya adalah penyempitan atau pengerasan pembuluh darah akibat keberadaan lemak yang mengandung kolesterol.
  2. Stroke Hemoragik (Haemorrhagic stroke)
    Stroke yang terjadi karena pecahnya pembuluh darah di otak sehingga terjadi pendarahan otak. Sekitar  20% kasus stroke adalah stroke hemoragik yang biasanya berakibat sangat fatal. Karena genangan darah di otak dapar menyebabkan matinya sel-sel otak karena tekanan dan kurangnya pasokan oksigen. Pada kasus stroke hemoragik, 50% penderita akan menderita kelumpuhan dan 50% lainnya  berakhir dengan kematian.
Stroke di sebabkan oleh banyak kondisi dan faktor. Ada kondisi yang bisa di kendalikan, ada yang tidak bisa. 

Kondisi yang tidak bisa di kendalikan antara lain:
  • Faktor keturunan (penyakit geneik, sejarah stroke dalam keluarga, dll)
  • Usia (semakin tinggi usia, resiko stroke semakin besar)
  • Jenis kelamin (Pria lebih rentan mengalami stroke)
  • Ras / etnis (Ras kulit putih berpeluang lebih besar terkena stroke)
Kondisi yang bisa di kendalikan:
  • Gaya hidup (merokok, pecandu alkohol, pecandu obat, dll)
  • Pola Makan ( makanan tinggi kadar lemak, pecinta goreng-gorengan, Perbanyak makan sayur dan buah, dll)
  • Olahraga (Olahraga rutin)