Akreditasi adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Akreditasi. Akreditasi adalah rangkaian kegiatan pengakuan formal oleh lembaga akreditasi nasional, yang menyatakan bahwa suatu lembaga telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan bersertifikasi tertentu. 

Akreditasi sangat penting bagi sebuah lembaga karena melalui akreditasi tersebut masyarakat dapat menilai apakah lembaga tersebut agus atau tidak.

Akreditasi diberikan dalam bentuk Nilai. Matrik nilai dalam akreditasi menentukan kualitas lembaga yang penyandangnya. Semakin tinggi nilai yang di dapat, maka semakin bagus mutu lembaga tersebut. Adapun pemberi akreditasi dan indikator penilaian tergantung jenis lembaganya.

Untuk lembaga pendidikan, Akreditasi di berikan oleh dua badan akreditasi Nasional. Yaitu Badan Alreditasi Nasional untuk Sekolah dan Madrasah (BAN-SM) dan Badan Akreditasi Nasional untuk Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kedua badan ini berada dalam naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan.

Sementara untuk lembaga kesehatan setidaknya ada 3 komite yang berhak mengeluarkan nilai akreditasi, yaitu Komite Akreditasi Rumah sakit (KARS), Komite Akreditasi Fasilitas kesehatan (KAFK) dan Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan (KALK) yang berada dalam naungan departemen kesehatan dan KAN (Komite Akreditasi Nasional).