Pembelahan Sel adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Pembelahan Sel. Pembelahan sel adalah peristiwa dimana sebuah sel membelah menjadi dua atau lebih sel baru. Pembelahan Sel merupakan cara sel untuk memperbanyak diri atau yang disebut dengan bahasa ilmiahnya proses reproduksi sel. Sel adalah bagian terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup perhubungan erat dengan proses pembelahan sel ini. Namun begitu fungsi pembelahan sel pada makhluk hidup multiseluler dan uni seluler sangat berbeda meski intinya sama yaitu perbayakan sel.

Fungsi Pembelahan Sel pada makhluk hidup

Fungsi pembelahan sel pada makhluk memiliki 2 fungsi, yaitu:Pembelahan sel

1. Fungsi pembelahan Sel pada makhluk hidup uniseluler atau bersel tunggal adalah sebagai cara untuk berkembang biak. Contoh makhluk hidup yang berkembang biak dengan membelah diri: Protozoa, Amoeba, dll.

2. Fungsi pembelahan sel pada makhluk hidup multiseluler atau makhluk hidup bersel banyak adalah sebagai cara untuk memperbayak sel tubuh sehingga makhluk hidup yang bersangkutan dapat tumbuh dan berkembang.

Proses pembelahan sel merupakan cara agar sel dapat tumbuh dan berkembang.  Sel yang membelah diri disebut sel induk, sedangkan sel hasil pembelahan diri disebut sel anak. Pada dasarnya proses pembelahan sel terbagi menjadi 2, yaitu: pembelahan sel secara langsung dan pembelahan sel secara tidak langsung.

Macam-macam cara pembelahan sel

A. Pembelahan Sel secara Langsung adalah proses pembelahan sel tanpa melalui fase-fase atau tahap-tahap pembelahan sel. Pembelahan secara langsung disebut juga pembelahan amitosis atau pembelahan biner.

B. Pembelahan sel secara tidak langsung adalah pembelahan yang melalui tahapan-tahapan tertentu. Setiap tahapan pembelahan sel ditandai dengan penampakan kromosom yang berbeda-beda. Yang termasuk pembelahan sel secara tidak langsung adalah pembelahan mitosis dan meiosis.

Pertumbuhan dan perkembangan serta reproduksi makhluk hidup tidak dapat lepas dari aktivitas pembelahan sel. Menurut teori sel modern, semua sel berasal dari sel-sel yang telah ada melalui proses pembelahan sel. Sekitar 10 – 14 sel yang menyusun tubuh manusia berasal dari pembelahan sel zigot (satu sel) yang merupakan peleburan 2 sel gamet. Sel-sel gamet ini berasal dari proses pembelahan sel-sel parental tertentu.

Jenis-jenis Pembelahan Sel

Pada dasarnya pembelahan sel ada tiga macam, yaitu:

1. Pembelahan Amitosis

Pembelahan amitosis adalah reproduksi sel di mana sel membelah diri secara langsung atau spontan tanpa melalui tahap-tahap pembelahan sel. Pembelahan cara ini banyak dijumpai pada sel-sel yang bersifat prokariotik, misalnya pada bakteri, ganggang biru atau organisme bersel tunggal seperti Amoeba.

2. Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis adalah cara reproduksi sel dimana sel membelah melalui tahap-tahap yang teratur. Pembelahan sel mitosis terjadi pada organisme multiseluler seperti pada sel hewan, sel tumbuhan dan sel manusia. Tahap-tahap  pembelahan sel atau yang disebut fase meliputi:

  • Tahap Profase / Fase Profase
  • Tahap Metafase / Fase Metafase
  • Tahap Anafase / Fase Anafase
  • Tahap Telofase. / fase Telofase

Antara tahap telofase ke tahap profase berikutnya terdapat masa istirahat sel yang dinamakan Interfase. Pada tahap interfase inti sel melakukan sintesis bahan-bahan inti.

3. Pembelahan Meiosis

Pembelahan Meiosis disebut juga Pembelahan Reduksi.  Pembelahan Meiosis terjadi dalam kelenjar kelamin. Pada pembelahan Meiosis reproduksi sel terjadi melalui tahap-tahap pembelahan sel seperti pada pembelahan mitosis, hanya saja dalam prosesnya terjadi pengurangan (reduksi) jumlah kromosom menjadi setengahnya. Pada pembelahan Meiosis terdapat dua tahap besar yang dikenal dengan istilah Meiosis I dan Meiosis II . Lalu kemudian dari kedua tahap besar tersebut masing-masing terbagi lagi  menjadi tahap-tahap seperti pada pembelahan mitosis.