Alel adalah | Pengertian dan definisi

Pengertian dan Definisi Alel. Alel adalah bagian dari gen. Setiap gen memiliki 2 alel.  Dalam beberapa literaur, Alel di definisikan sebagai gen yang terletak pada lokus yang sama pada kromosom homolognya yang mengendalikan sifat dan karekteristik makhluk hidup. Alel merupakan salah satu dari dua atau lebih versi gen. Seorang individu mewarisi dua alel untuk setiap gen, satu dari setiap orangtua. Jika memiliki dua alel yang sama, maka individu tersebut di sebut homozigot untuk gen itu. Jika memiliki alel berbeda, maka disebut  individu heterozigot.

Alel berasal dari bahasa Yunani Allelon yang artinya bentuk lain atau ada juga yang mengartikan "saling berhadapan". Alel merupakan versi alternatif dari gen yang menjelaskan adanya variasu pada pewarisan suatu sifat keturunan. Alel terbentuk karena adanya variasi pada urutan basa nitrogen yang di sebabkan oleh mutasi. sepasang alel dari satu individu dikatakan "identik karena segaris keturunan" (identical by descent, IBD) jika dan hanya jika keduanya merupakan salinan sempurna dari satu alel milik satu individu pada generasi pendahulunya. Apabila terjadi mutasi terhadap salah satu salinan pada transmisi di antara generasi, alel mutan ini tidak dianggap identik lagi. Identitas alel dipakai dalam genetika populasi untuk menentukan tingkat kedekatan kekerabatan antara dua individu yang memiliki moyang yang sama, seperti pada anggota generasi hasil perkawinan sekerabat.

Alel biasanya di simbolkan oleh hurup besar dan huruf kecil. Hurup besar menunjukan alel dominan sedangkan hurup kecil menunjukan alel resesif. Alel resesif tidak akan menunjukan sifat karena tertutupi oleh alel dominan. Sifat dari alel resesif akan muncul apa bila tidak ada alel dominan.


Contoh Alel

Salah satu  contoh peranan alel dalam pewarisan sifat atau hereditas adalah pada warna mata. Misal seorang pria memiliki warna mata coklat menikah dengan wanita yang memiliki warna mata biru.  Kedua individu ini adalah Homozygot. Warna mata coklat dominan terhadap warna mata biru. 

Misal kita simbolkan alel warna mata coklat dari pria homozygot adalah CC, dan alel warna mata biru adalah cc maka gen keturunannya akan mendapatkan perpaduan dari kedua alel tersebut yaitu Cc. Karena alel C merupakan alel dominan maka individu yang memiliki alel Cc akan memiliki mata berwarna coklat. (Lihat gambar)