Modus adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Modus. Modus secara umum didefinisikan sebagai cara. Modus di gunakan dalam banyak bidang bidang ilmu dengan definisi yang berbeda. Modus dalam B. Indonesia di definisikan sebagai bentuk verba yang pengungkapan atau penggambaran suasana kejiwaan/psikologis sehubungan dengan perbuatan menurut tafsiran si pembicara atau sikap si pembicara tentang apa yang diucapkannya.

Dalam ilmu Matematika, Modus di definisikan sebagai nilai yang paling besar frekuensinya dalam suatu deretan nilai. Dalam Statistika, Modus dia definisikan sebagai angka statistik yang peling sering muncul dalam popilasi atau sampel.

Modus banyak macamnya. Setidaknya ada 7 jenis modus yang di sebutkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Ke tujuh modus tersebut adalah:


1. Modus Desideratif
Modus  desiratif adalah modus yang menyatakan keinginan,

2. Modus Imperatif
Modus  imperatif adalah modus yang di gunakan untuk memberikan perintah atau permintaan, dan mempertegas kemauan, serta menyatakan larangan. Modus ini biasanya di di gunakan untuk mempengaruhi seseorang.

3. Modus Interogatif
Modus  interogatif adalah modus yang menyatakan pertanyaan,

4. Modus Indikatif
Modus  indikatif adalah  modus yang menyatakan sikap objektif atau netral; menegaskan aktualitas, kepastian, atau realitas tindakan dari sudut pandang pembicara. Modus ini terdiri dari pernyataan fakta, tetapi juga dapat digunakan dalam kalimat pertanyaan ataupun negatif. Contoh: Budi memakan apel. Apakah budi memakan apel?

5. Modus Operandi
Modus  operandi adalah modus yang digunakan oleh penjahat untuk melakukan tindakan pidana. Dalam kasus-kasus pidana, sebelum melakukan penangkapan atau penyergapan para aparat hukum akan meneliti modus operandi dari penjahat yang di incarnya untuk memudahkan proses penangkapan. Modus operandi sifatnya berulang.

6. Modus Optatif
Modus  optatif adalah modus yang menyatakan harapan  agar suatu tindakan tercapai walaupun kepastiannya diragukan. Modus ini juga dapat di gunakan untuk  menyatakan keadaan yang lebih "tak tentu" lagi dalam bentuk-bentuk modus Optatif vokal rangkap yang dimasukan sebelum akhiran-akhiran. Contoh: Kiranya jangan terjadi!  Sekali-kali tidak!

7. Modus Vivendi
Modus  vivendi adalah modus yang di gunakan untuk menyelesaikan masalah untuk sementara; penyelesaian kesulitan sementara; persetujuan sementara; jalan tengah