Keramat adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Keramat. Keramat adalah sebuah kata yang indentik dengan tahayul, supranatural dan sebagainya. Padahal arti sebenarnya kara keramat adalah suci. Tapi begitu ada sesuatu dikeramatkan, maka pikirab dan bayangan orang akan mengarah ke hal-hal yang sakral, dilarang dan ditakuti. 

Karena itu, Kamusq.com ingin meluruskan definisi keramat yang sebenarnya. Dan penggunaannya yang tepat dalam kalimat.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) keramat di definisikan sebagai:

  1. Suci dan dapat mengadakan sesuatu di luar kemampuan orang biasa karena ketakwaannya pada Tuhan (berhubungan dengan orang)
  2. Suci dan bertuah yang dapat memberikan efek magiz dan psikologis kepada pihak lain (berhubungan dengan benda atau tempat)

Di Indonesia, kata keramat seringkali di gunakan untuk menjelaskan kata sebelumnya. COntohnya:

Orang keramat: orang suci yang sakti dan mampu menunjukan tuah atau kemampuan yang bersifat keagungan. 

  1. Kuburan keramat: kuburan orang suci
  2. Benda keramat : benda suci 
  3. Bulan keramat: Bulan suci

Segala sesuatu yang memiliki kata keramat harusnya dihormati, disegani dan beri kehati-hatian. Karena kata keramat biasanya memberi efek psikologis yang menakjubkan bagi siapa saja yang mendengarnya. Itu seharusnya.

Tapi sekarang, kata keramat di identikkan dengan kekuatan supranatural dan tahayul yang membuat siapa saja yang mendengarnya takut. Takut untuk melanggar, takut untuk melakukan sesuatu karena dianggap akan membawa sial atau bencana. Contoh paling sederhana saja adalah penyebutan keramat untuk bulan pertama di kalender jawa. Yaitu Keramat bulan Suro atau Keramat bulan Selo.

Kedua bulan ini dianggap keramat sehingga banyak warga merasa takut melakukan sesuatu dibulan itu karena bisa membawa musibah, malapetaka bahkan kesialan 7. Paadahal bukan itu maksud sebenarnya. Bulan suro dan ulan selo dianggap keramat karena keduanya adalah memang bulan suci, bulan yang diagungkan. Bulan tenpat orang-orang beribadah dan menyembah tuhan secara khusyuk dan tulus.